31 Agustus 2010

Repeater Sederhana dgn 2 unit Alinco DR-135

Merakit sebuah Radio Pancar ulang (repeater) sebenarnya tdklah begitu sulit, pada dasarnya kita hanya membutuhkan dua unit radio transceiver dimana 1 unit digunakan sebagai penerima RX dan yang satunya lagi digunakan sebagai pemancar TX. sistem kerja repeater ada pada radio penerima dgn kata lain bila RX menerima signal/suara  maka suara yg diterima dipancarkan langsung  oleh TX. Tegangan listrik yang muncul pada saat RX menerima signal digunakan sebagai sensor PTT pada TX dgn bantuan sebuah transistor dan condensator elektrolit sebagai delay. u/ lebih jelas ada pada gmbr berikut.

perhatikan pin ketiga dari kanan pada konektor disply panel, ini adalah tegangan yng digunakan sebagai control PTT TX dihubungkan dengan sebuah diode dan resistor 10K ke basis TR .2222 antara basis dan emitor di pasang elco 100 uf 10v. emitor dihubungkan ke ground /negatif . kolektor dihubungkan ke lubang pin nomr 7 pada konektor db9 dipanel belakang TX.sementara untuk modulasi kita mengambil dari kaki nomor 4 dari IC modulasi dng diseri sebuah kondensator 100 n dan dihubungkan ke lubang pin nomor 9 dari konektor db 9 pada panel belakang TX. seelamat mencoba semoga sukses.

4 komentar:

Anonim mengatakan...

Om,klo boleh minta donk,cara detailnya pengkabelannya di poto saya liatnya kurang jelas(kurang mengerti).....klo bisa kirimkan donk tutorialnya ke didish@rocketmail.com

akujaya mengatakan...

kenapa untuk kontrol ptt tidak ambil dari pin db9 ????

Anonim mengatakan...

kalo lewat DB-9 langsung bisa kan om, cuman saya masih bingung ngoneksikan dua radio tersebut. kalo boleh minta diagramnya ke aryosentono@rocketmail.com.

trimakasih

Anonim mengatakan...

trims , banyak membantu
aburiqa@yahoo.co.id